Pocket

A. Paradigma Pembangunan Pendidikan

 

Dalam UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendiidkan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.
Pendidikan, merupakan kebutuhan manusia sebagai upaya mengembangkan unsur jasmani, rohani, intelektual, estetika dan sosial yang diarahkan pada satu tujuan yaitu memanusiakan manusia. Pendidikan merupakan pilar utama terhadap perkembangan manusia dan peradaban masyarakat bangsa tertentu. Terdapat hubungan yang bersifat kausalitas antara pendidikan, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Pertumbuhan dapat diartikan sebagai peningkatan Gross Domestic Product (GDP) atau Gross National Product (GNP) yang dihasilkan oleh negara atau warganya, sedangkan pembangunan merupakan konsep yang lebih luas mengacu pada proses kualitatif dan sosial yang terjadi dalam suatu negara dengan titik berat pada ragam ukuran pembangunan. Jika diamati, semakin tinggi tingkat pendidikan rata rata masyarakat disuatu wilayah, maka tingkat rata rata pendapatan juga semakin tinggi. Pendidikan dapat dikatakan sebagai satu bentuk investasi, karena akan menghasilkan keuntungan di masa depan baik dari sisi ekonomi maupun kualitas hidup. Pembangunan di bidang pendidikan dapat menunjang pertumbuhan ekonomi karena adanya kontribusi terhadap peningkatan keterampilan dan kemampuan produksi dari tenaga kerja.

Artikel lengkap dapat diunduh disini

KONSEP DASAR PERENCANAAN PENDIDIKAN
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *