Pocket

Dalam rangka peningkatan kualifikasi kompetensi sumber daya manusia dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), BP Paud dan Dikmas Sumatera Selatan bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan PAUD menyelenggarakan Bimtek Pendidik PAUD tingkat Dasar dan Bimtek Pendidik Paud Tingkat Lanjut, Bimtek/Diklat diikuti sebanyak 80 orang untuk Pendidik Paud tingkat dasar dan 40 orang untuk Pendidik Paud Tingkat lanjut, terdiri dari 17 Kabupaten/Kota se Sumsel. Bintek/Diklat dibuka oleh Drs. M. Nuch Raharjo Kasubdit Kelembagaan dan Kemitraan Direktorat Pembinaan Paud Ditjen Paud dan Dikmas. Acara berlangsung di Aula BP PAUD dan Dikmas Sumatera Selatan jalan Naskah II no. 734 Sukarame KM. 7 Palembang, pada tanggal 10 sd 15 Oktober 2017 untuk Paud Tingkat Dasar dan 22 sd 29 Oktober 2017 untuk Paud tingkat lanjut, hadir M. Anton Andika, S.IP, M.Si, Kepala BP Paud dan Dikmas Sumsel, dan para narasumber dari Universitas Sriwijaya, BAP Sumsel, Himpaudi Provinsi Sumsel, praktisi dari Lembaga Pendidikan Palm Kids, praktisi psikolog dari yayasan Magna Penta.


Drs. M. Nuch Raharjo, M.Pd dalam acara pembukaan sekaligus menyampaikan materinya bahwa pendidikan di usia dini berperan penting dalam perkembangan anak, terutama 1000 hari pertama kehidupan anak, puncak perkembangan pengamatan, pendengaran dan bahasa, otak berkembang sebelum usia 5 tahun, proses pembelajaran pada anak usia dini dilakukan dengan memodifikasi lingkungan untuk merangsang perubahan pada sel otak, membentuk hubungan antar sel otak sehingga potensi anak berkembang menjadi kompetensi.
Dijelaskan dalam PP no. 59 tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, bahwa pada tahun 2030, menjamin bahwa semua anak perempuan dan laki-laki memiliki akses terhadap perkembangan dan pengasuhan anak usia dini, pendidikan pra sekolah dasar yang berkualitas sehingga mereka siap untuk menempuh pendidikan dasar.
Disampaikan juga, bahwa dalam rangka mewujudkan PAUD berkwalitas, maka setiap anak PAUD perlu disediakan tempat aman dan menyenangkanuntuk tumbuh dan belajar, memberikan stimulan yang mereka butuhkan sesuai dengan tingkat dan kemampuannya agar berhasil di sekolah dan menjadi sdm stabil dimasa datang. Untuk itu anak jangan terlalu banyak diberikan beban tugas atau pekerjaan rumah (PR).


“Kemampuan guru untuk memberikan stimulan dan rangsangan optimal tumbuh kembang peserta didik sangat dibutuhkan dan akan ditingkatkan melalui penyelenggaraan diklat berjenjang PAUD termasuk di dalamnya Diklat Dasar dan Diklat Lanjut” jelasnya.
Dalam laporannya ketua Panitia Angkatan I yaitu Dra. Hj. Latifah menyatakan bahwa Diklat Dasar ini merupakan salah satu wujud peningkatan kompetensi dan profesionalisme SDM Pendidik PAUD dan diharapkan terlatihnya 80 orang Pendidik PAUD dari Kabupate/Kota se Sumsel dalam membimbing, mengasuh, merawat, mendidik dan melindungi anak dalam upaya memaksimalkan tumbuh kembang anak.
Diklat PAUD ini dilakukan secara berkesinambungan dan berjenjang, yaitu diklat dasar (ditujukan untuk mempersiapkan pendidik sebagai pengasuh dengan kompetensi minimal), diklat lanjutan (ditujukan untuk mempersiapkan pendidik yang kompeten sebagai guru pendamping), dan diklat mahir (ditujukan untuk mempersiapkan guru kompeten sebagai guru PAUD. Untuk diklat/bintek baik tingkat dasar, tingkat lanjut maupun tingkat mahir setelah mengikuti Diklat , para peserta harus melaksanakan tugas mandiri terkait dengan pembelajaran di PAUD selama 25 hari efektif (mencapai 200 Jam), laporan tugas mandiri selama 200 jam ini sebagai persyaratan dalam pengambilan sertifikat.

Menurut Drs. Hermain dalam laporan kegiatan bintek/diklat pendidik paud tingkat dasar angkatan II, hasil evaluasi penyelenggaraan, bahwa pelaksanaan kegiatan bintek telah dilaksanakan dengan baik, untuk narasumber dalam menyampaiakan materi rata-rata penilaiannya sudah bagus/baik. Begitu juga dengan pelayanan panitianya diberikan nilai rata-rata skor 3 atau diatas cukup yang artinya telah diselenggarakan dengan bagus.

BP PAUD dan Dikmas sebagai lembaga pelaksana pengembangan program dan mutu pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat, mempunyai kewajiban memberikan layanan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, dengan besarnya minat masyarakat terutama pendidik paud yang haus akan informasi dan ilmu pengetahuan dan di lapangan masih banyak pendidik PAUD yang belum mempunyai kesempatan untuk mengikuti pelatihan dengan berbagai alasannya, maka BP Paud dan Dikmas Sumsel akan mengadakan diklat/bintek untuk tahun yang akan datang.

PENDIDIK PAUD BERKUALITAS
Tag pada:    

2 gagasan untuk “PENDIDIK PAUD BERKUALITAS

  • 7 April 2018 pukul 3:22 pm
    Permalink

    setelah melihat artikel sekaliggus buat saya suatu informasi penting
    karna saya bagian dari penglola PAUD yang ada di rumah saya..?
    bagiman saya bisa bekerja sama dengan paud saya jugak..?

    Balas
  • 4 Mei 2018 pukul 6:58 pm
    Permalink

    Apakah pendidikan PAUD yang berkualitas sesuai dengan yang dicanangkan sudah mereta dilakukan diseluruh PAUD yang ada di sumsel?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *