Pocket

Dalam pembukaan Undang Undang Dasar (UUD) tahun 1945 pada alinea 4 menyatakan bahwa negara bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam upaya mewujudkan tujuan tersebut, setiap warga Negara memiliki hak untuk mendapatkan pengajaran sesuai dengan pasal 31 ayat 1 UUD 1945.

 

Kemudian dalam Undang-Undang (UU) nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan nasional mengamanatkan dilaksanakannya pendidikan kepada seluruh rakyat Indonesia mulai dari usia dini, SekolahDasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Selain dari pada itu Pendidikan Nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut diperlukan kemitraan yang kuat antara keluarga dan satuan pendidikan, antara keluarga dengan masyarakat, dan antara masyarakat dengan satuan pendidikan. Dengan demikian, unsur yang terdiri dari tri pusat pendidikan (keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat) bisa menjadi lingkungan pendidikan yang kondusif bagi ruang belajar anak, adapun usaha untuk memperkuat kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat dalam membangun ekosistem pendidikan yang mampu menumbuh kembangkan karakter dan budaya prestasi peserta didik, maka pada Tahun 2015 Kemendikbud berupaya membantu Ayah dan Bunda yang dengan khusus membentuk Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD dan Dikmas). Yang bertujuan melaksanakan program pendidikan keluarga.

Artikel lengkap dapat didownload disini

 

PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN KELUARGA DI SATUAN PENDIDIKAN
Tag pada:        

Satu gagasan untuk “PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN KELUARGA DI SATUAN PENDIDIKAN

  • 7 April 2018 pukul 3:19 pm
    Permalink

    kalok begitu bagaiman dengan saya yang pengn melanjudkan s2 bahwa..
    melihat pasal itu harus ada biaya kuliah geratis dong..?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *