Pocket

DI SUSUN OLEH

RAMANG PADAMULYA

Sebagaimana diketahui bahwa kemajemukan bangsa Indonesia sebagian besar atau mayoritas adalah berada dalam tingkat kehidupan yang sangat rendah, baik ditinjau dari segi ekonomi maupun dari tingkat kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang layak. Sehingga kebutuhan dan peningkatan Sumber daya manusia (SDM) yang menguasai berbagai pengetahuan dan keterampilan pada saat ini semakin mendesak, terutama dalam menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif. Undang – undang Nomor 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional telah menegaskan bahwa tujuan Pendidikan Nasional adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan serta mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya. Masyarakat sebagai bagian integral dari Pendidikan Nasional mempunyai peran yang sangat penting dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia. Jalur pendidikan luar sekolah (Non formal dan informal) telah mengambil peran yang sangat besar dalam mengentaskan warga masyarakat yang belum/ tidak mendapatkan layanan pendidikan formal (disekolah) khususnya bagi warga masyarakat yang belum mendapatkan layanan pendidikan secara maksimal.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang merupakan lembaga pendidikan nonformal yang dapat diselenggarakan oleh masyarakat yang merupakan wadah dari berbagai proses pembelajaran bagi masyarakat terpadu., yang dapat diunggulkan untuk mewadahi dalam rangka layanan pendidikan luar sekolah bagi masyarakat yang  belum memiliki kemampuan /bekal keterampilan untuk dapat mengembangkan diri secara mandiri dalam masyarakat dan sambil belajar untuk mengejar ketertinggalan dengan membentuk kelompok belajar pendidikan kesetaraan. Selain itu PKBM merupakan  wahana untuk mempersiapkan warga masyarakat agar bisa lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk dalam hal meningkakan pendapatannya. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta masalah-masalah pendidikan masyarakat serta kebutuhan akan pendidikan masyarakat, definisi PKBM terus disempurnakan terutama dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan lembaga, sasaran, kondisi daerah serta model pengelolaan. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa PKBM adalah sebuah lembaga pendidikan yang dikembangkan dan dikelola oleh masyarakat serta diselenggarakan di luar sistem pendidikan formal baik di perkotaan maupun di pedesaan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan belajar kepada seluruh lapisan masyarakat agar mereka mampu membangun dirinya secara mandiri sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Untuk itulah PKBM berperan sebagai tempat pembelajaran masyarakat terhadap berbagai pengetahuan atau keterampilan dengan memanfaatkan sarana, prasarana dan potensi yang ada di sekitar lingkungannya (desa, kota).

                        PKBM yang didirikan hendaknya dapat  memberdayakan masyarakat dan mampu mandiri (berdaya), dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat baik dari segi sosial maupun ekonomi. dan dapat meningkatkan kepekaan terhadap masalah-masalah yang terjadi dilingkungannya, maka……

 

baca lengkap, download disini

BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLAAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *