Pocket

Ada beragam media yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi anak usia dini, salah satunya melalui dongeng. Menurut James Danandjaja, dongeng adalah cerita pendek yang disampaikan secara lisan,  dimana dongeng adalah cerita prosa rakyat yang dianggap tidak benar benar terjadi. Dongeng biasanya berupa suatu kisah fiktif yang menceritakan kehidupan dan mengandung nilai-nilai moral tertentu. Ada banyak dongeng yang berkembang di tanah air misalnya Dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih, dan Dongeng Si Kancil.

Dongeng sendiri memiliki banyak manfaat bagi anak yaitu dapat membangun jalinan komunikasi yang erat antara pendongeng dan anak, sehingga lebih dekat. Untuk itu diharapkan orangtua dapat meluangkan waktunya untuk membacakan dongeng bagi anak sebagai pengantar tidur dan membangun kedekatan emosional yang baik. Orangtua yang membacakan dongeng kepada anaknya dapat memberikan pemahaman dan penanaman nilai-nilai budi pekerti yang terkandung dalam dongeng tersebut, sehingga secara tidak langsung orangtua itu menanamkan nilai-nilai moral pada anak sejak usia dini.

Bagi anak usia dini, mendengarkan dongeng juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasinya. Dengan mendengarkan dongeng, banyak kosa-kata baru yang didapatkan si anak, sehingga anak menjadi bertambah kemampuan bahasanya. Semakin banyak kosa kata yang diketahui anak, maka akan semakin baik pula kemampuan verbal anak.

Dongeng juga dapat melatih kepekaan anak mulai indera pendengaran, penglihatan dan perasa, sehingga anak menjadi lebih peka. Selain itu dongeng juga membangun kedekatan yang baik antara anak dan pendongeng, sehingga anak dapat lebih memahami nilai-nilai yang terdapat dalam isi cerita dongeng tersebut. Dongeng juga merangsang imajinasi dan kreatifitas anak, dengan mendengarkan cerita dongeng anak menjadi membayangkan apa yang diceritakan oleh si pendongeng (pembaca) cerita.

Dongeng Sebagai Media Belajar Bagi Anak Usia Dini

Satu gagasan untuk “Dongeng Sebagai Media Belajar Bagi Anak Usia Dini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *